hello everybody

BLOG EPANK GOMEDS

Rabu, 07 Juli 2010


Awas, Jejaring Sosial Membuat Kita Dangkal!
Billy Audra B

(IST)

INILAH.COM, Jakarta - Jejaring sosial bisa mengurangi friksi antarmanusia di seluruh dunia pada 2020, namun hubungan di kehidupan nyata bisa jadi korban dan menjadi lebih dangkal, kata pakar.

Tapi tetap saja, manfaat dari media sosial jauh melebihi dampak negatif dalam 10 tahun ke depan, menurut penelitian Pew Research Centre.

Pusat Internet & Proyek Kehidupan Amerika dan Universitas Elon mensurvei 895 pakar, termasuk ilmuwan peneliti, pemimpin bisnis dan pengusaha, konsultan, penulis dan pengembang teknologi.

Bulan lalu, Pew merilis hasil jajak pendapat dari kelompok yang sama menyangkut masa depan komputasi awan pada tahun 2020.

Dalam penelitian terbaru itu, 85% mengatakan internet banyak memiliki dampak positif pada dunia social, persahabatan, pernikahan dan hubungan lainnya.

Pew merilis sejumlah kutipan dari para ahli, ketika mereka menjelaskan bagaimana memandang web sosial berkembang.

"Internet telah benar-benar membantu manusia berinteraksi dengan memberikan jangkauan yang lebih luas cara berkomunikasi, seperti Twitter dan Facebook," kata William Webb, kepala penelitian di Ofcom.

Tetapi yang lain berbicara tentang kekurangan. "Jejaring sosial mendorong orang untuk memiliki lebih banyak persahabatan yang jauh lebih dangkal," kata Gervase Markham, seorang programmer di Mozilla Foundation.

"Aku tahu 15 dari teman-temanku sarapan apa, tapi tidak tahu apakah ada di antara mereka yang berjuang dengan isu-isu besar dalam hidup. Jika kecenderungan ini terus berlanjut, orang pada tahun 2020 akan memiliki ratusan kenalan, tapi teman-teman sangat sedikit." [ito]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar